Public High School 110

State High School 110

EnglishBahasa Indonesia日本語

Implementation of P5: Election of Student Council President and Vice President 2023

Home » High school activities 110

Project to Strengthen Pancasila Student Profile (P5) pada semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024 kali ini mengangkat tema Suara Demokrasi dan Bhinneka Tunggal Ika, dengan pelaksanaan kegiatan berupa Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS bagi siswa kelas X (Fase E). Adapun judul projek kali ini adalahPEMILIHAN KETUA DAN WAKIL OSIS SEKOLAHKU ASYIK DEMOKRASI UNTUK BHINEKA TUNGGAL IKA”. Projek ini juga pernah dilaksanakan di periode sebelumnya, namun untuk pelaksanaan di tahun ini ada beberapa penambahan aktivitas, seperti melibatkan juga pemilihan ketua MPK.

Beberapa kelas dibagi menjadi beberapa tim dengan pembagian-pembagian tugas tertentu, sehingga proses P5 diharapkan akan jadi lebih bermakna. Pada pelaksanaan P5 suara demokrasi tahun lalu, siswa hanya menjadi panitia pelaksana kegiatan pemilihan Ketua OSIS. This time, masing-masing kelas dibagi menjadi 3 tim sukses kampanye dari masing-masing pasangan calon (paslon), 1 kelas sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), and 1 kelas lagi sebagai pengawas pelaksanaan pemilu.

kegiatan pencoblosan

Adapun acara puncak berlangsung pada Hari Rabu, the date 3 October 2023 dan dilaksanakan di areal lapangan dalam sekolah. Berbagai logistik pemilu telah disiapkan, seperti penyiapan daftar hadir pemilih, pemberian kertas surat suara, persiapan bilik suara tempat menggunakan hak pilih, persiapan tempat memasukkan surat suara yang sudah dicoblos, contreng, dan papan tempat penghitungan suara. Hal ini menjadi tanggung jawab panitia pemilu OSIS dan 1 kelas yang berfungsi sebagai KPPS.

Adapun kelas yang berfungsi sebagai timses paslon membuat berbagai kampanye dalam bentuk cetak dan digital untuk mendukung masing-masing paslon yang mereka usung. Berbagai desain poster disiapkan di media sosial dan juga ditempel di mading-mading sekolah. Mereka juga menyiapkan bahan orasi dan yel-yel kampanye yang dipresentasikan di tiap-tiap kelas selama periode kampanye dalam waktu yang telah ditentukan jadwalnya.

Then, agar tema Bhinneka Tunggal Ika dapat diterapkan dalam kegiatan P5 kali ini ditunjukkan dengan para siswa, teacher, and employees dressed in traditional clothes from various regions, so that there is no intolerance and discrimination. These respective customary clothing also denotes a democratic multicultural society, so that the dimensions of the Global Diversity Pancasila student profile can be realized.

Setelah selesai proses pencoblosan, the counting of votes was held and continued with the determination of the winner of the elected Chairman and Deputy Student Council President. Next, The elected Student Council President and Vice President gave welcome speeches and thanks. After the selection activities, held a performance of dance creations, musical performance of poetry, choir, sing, penampilan musik band baik dari siswa maupun guru.

Published on 04/10/2023   |   Writing categories High school activities 110